Translate

Saturday, April 1, 2017

7 Fenomena Hujan Aneh



Content Source : ickhaa.blogspot.co.id
          Hujan merupakan salah satu karunia Tuhan yang wajib kita syukuri. Karena tanpa adanya hujan, kebutuhan utama kita akan air tidak akan pernah tercukupi. Lebih dari itu, hujan juga merupakan sebuah peristiwa yang bisa menjadi sebagai salah satu indikator keadaan lingkungan sebuah wilayah. Hujan dengan air yang bersih menandakan bahwa wilayah tersebut terbebas dari pencemaran, sebaliknya jika hujan yang turun adalah kotor-hujan asam contohnya-maka bisa dipastikan lingkungan di sekitarnya telah tercemar polusi.

            Pada akhir-akhir ini ada semacam hujan yang terdengar cukup aneh, yaitu hujan es. Bukannya hujan es dalam bentuk es balok, melainkan hujan yang berupa kerikil-kerikil es yang jatuh langsung dari awan. Anehnya lagi, hujan es ini kerap terjadi pada sebuah wilayah yang notabenya jarang terjadi hujan, seperti padang pasir misalnya.
Content Source : datahakekat.blogspot.co.id
Di Indonesia pun pernah terjadi hal serupa, tepatnya di kota Bandung. Beberapa tahun yang lalu kota Bandung pernah dilanda hujan es, padahal Bandung merupakan kota yang bahkan tidak pernah mengalami hujan salju sebelumnya. Bagaimana peristiwa ini bisa terjadi? Apakah ini pertanda bahwa alam sudah tidak bisa menjaga keseimbangannya?

            Tidak hanya itu saja, di belahan bumi lainnya banyak jenis hujan yang sangat aneh yang bahkan tidak pernah terpikirkan oleh manusia sebelumnya. Tidak hanya hujan dalam bentuk kerikil-kerikil es saja, tetapi ada hujan yang bahkan sampai dibarengi dengan hewan dan darah. Apakah ini hanya fenomena alam biasa, atau apakah ini merupakan pertanda sesuatu yang berbahaya? Berikut my7top membagikannya dalam judul 7 Fenomena Hujan Aneh.

1.  Hujan Katak

Content Source : www.kejadiananeh.com
Di daftar yang pertama ada hujan katak. Ya, kalian tidak salah baca. Hujan katak pernah beberapa kali yang melanda berbagai tempat. Yang pertama, pernah terjadi saat Perang Lalain di Perancis pada tahun 1794. Saat itu perang terjadi ketika hujan, para tentara sangat terkejut karena tidak hanya air yang turun dari langit, melainkan juga katak.

Katak yang jatuh merupakan katak yang masih tergolong muda dan memiliki ekor-hampir mirip seperti kecebong. Karena saking banyaknya katak yang jatuh, banyak pula dari katak-katak tersebut yang masuk ke dalam topi, kerah seragam, bahkan kantong pakaian para prajurit.

Kejadian serupa juga pernah terjadi di kota Leicester, Massachussets (Amerika Serikat) pada tanggal 7 September 1953. Selanjutnya di kota Naphlion (Yunani) pun pernah terjadi hal yang serupa pada bulan Mei 1981. Seratus delapan (108) tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 1873 pun pernah terjadi hal yang sama di Kansas City. Di kota Ishikawa (Jepang) pun pernah terjadi hujan kecebong yang hampir sama.

Walaupun terdengar aneh, hujan katak dapat dijelaskan melalui ilmu pengetahuan/sains. Secara ilmiah hujan seperti ini dapat terjadi karena adanya tornado berbentuk waterspouts yang menyerang suatu wilayah habitat hidup ribuan katak, sehingga katak-katak tersebut akan terhisap masuk ke dalam putaran tornado. Ketika putaran tornado melemah secara bertahap, katak-katak akan terlepas dari putaran dan jatuh ke permukaan tanah seolah-olah jatuh dari langit layaknya hujan.

2.  Hujan Ular
Content Source : www.kejadiananeh.com
Selain hujan katak seperti yang telah saya sebutkan di atas, hujan yang berupa hewan ular pun pernah ada. Hujan ini pernah terjadi di kota Memphis, Amerika Serikat pada tanggal 15 Januari 1877. Tidak seperti halnya hujan katak, hujan ular ini tidak diketahui secara pasti apa penyebab sebenarnya.

Di samping itu, jumlahnya yang mencapai ribuan ekor membuat masyarakat saat itu menjadi shock dan berlari histeris karena takut dan ngeri.  

3.  Hujan Kadal
Content Source : blogunik.com
Selanjutnya ada hujan kadal. Layaknya hujan ular, hujan kadal ini juga terjadi di Amerika Serikat, tepatnya di kota Sacramento. Walaupun jumlahnya tidak sebanyak hujan ular yang mencapi ribuan ekor-hanya ratusan ekor saja-tetapi tetap saja membuat orang-orang menjadi panik. Cukup merinding juga jika membayangkan ada kadal jatuh dari langit yang langsung menuju ke platform dapur, jemuran dan teras rumah kita.

4.  Hujan Ikan
Fenomena yang satu ini adalah fenomena hujan aneh yang paling sering terjadi. Ya, itulah hujan ikan. Sejarah pernah mencatat bahwa pada tahun 1861 hujan ikan pernah terjadi di Singapura. Selanjutnya juga pernah terjadi di Lousiana, Amerika Serikat pada tanggal 23 Oktober 1947. Beberapa tahun yang lalu pun pernah terjadi hujan ikan, tepatnya pada tahun 2004 dan 2010, hujan ikan terjadi di gurun pasir Lajamanu, Australia.

Peristiwa hujan aneh ini juga pernah terjadi di tepi Danau Elliot dan Danau Argyle. Lebih anehnya lagi, setiap tahun hujan ikan juga terjadi di kota Yoro di Honduras, sampai-sampai ada festival rakyat untuk menyambutnya.

5.  Hujan Cacing
Content Source : www.oralucu.com
Selanjutnya ada hujan cacing. Hujan cacing pernah terjadi di Jennings, Amerika Serikat. Cacing yang berjatuhan tidak hanya satu atau dua ekor saja, melainkan mencapai ribuan ekor. Ya, ribuan ekor. Yang lebih anehnya lagi, cacing-cacing yang berjatuhan masih dalam bentuk gumpalan-gumpalan cacing.

Hal yang sama juga pernah terjadi pada tahun 2007 di tempat yang sama, yaitu di Jennings, Amerika Serikat. Di tahun 1891 yang lalu pun pernah terjadi hujan cacing serupa di West Virginia, Amerika Serikat. Walaupun kejadian ini telah beberapa kali terjadi, tetapi tetap saja belum ada alasan pasti apa penyebab utama fenomena hujan aneh ini.

6.  Hujan Laba-Laba
Content Source : antawis.blogspot.co.id
Tidak hanya ada katak, ular, kadal, ikan maupun cacing, hujan laba-laba pun pernah terjadi di dunia. Fenomena ini terjadi pada tanggal 6 April 2007 di negara Argentina. Saat itu ada dua pendaki gunung yang ingin mendaki Gunung San Bernardo.

Mereka merasa heran karena setelah dua jam pendakian, tanah disekeliling mereka penuh diselimuti oleh laba-laba berbagai warna. Panjang dari laba-laba tersebut sekitar empat inci. Semakin mereka mendaki menuju puncak, semakin banyak pula mereka menemukan laba-laba serupa. Mereka merasa penasaran lalu berusaha untuk mencari tahu berasala dari mana laba-laba itu. Betapa terkejutnya mereka ketika mengetahui bahwa asal laba-laba itu adalah jatuh dari langit layaknya hujan.

7.  Hujan Darah
Content Source : www.malesnulis.com
Mungkin hujan hewan-seperti di atas-belum cukup mengerikan bagi kalian, ya. Di posisi ketujuh ini ada hujan yang lebih aneh dan mengerikan, yaitu hujan darah. Ya, kalian tidak salah baca atau pun mengeja. Hujan darah memang pernah terjadi di beberapa tempat di dunia. Walaupun sudah terjadi beberapa kali dari zaman dahulu sampai dengan zaman sekarang, hujan darah masih menyimpan banyak sekali misteri yang harus dipecahkan.

Kaejadian yang pertama, hujan darah pernah mengguyur ketika Perang Troya terjadi, yaitu pada abad 8 SM. Selanjutnya pada masa Eropa kuno, tepatnya di Inggris, pernah terjadi fenomena hujan darah serupa pada tahun 685 M dan di Paris pada tahun 582 M. Saat itu, hujan darah diartikan sebagai pertanda buruk seperti wabah penyakit mematikan dan bencana alam. Hujan yang terjadi bukanlah murni darah, melainkan hujan air yang bercampur dengan gumpalan darah.

Hujan darah juga pernah terjadi beberapa kali di Jerman dalam rentang tahun 1348 sampai dengan tahun 1349. Orang-orang menganggap bahwa peristiwa tersebut merupakan bentuk kutukan karena setelah datangnya hujan tersebut wabah penyakit mematikan melanda dan menyebabkan kematian massal di sebagian benua Eropa pada masa itu. Sampai-sampai baju yang terkena darah dari hujan ini mereka buang karena merasa ngeri dan ketakutan karenanya.

Hujan darah juga pernah terjadi di masa modern seperti sekarang, tepatnya di Kerala, India. Terjadi sebanyak dua kali yaitu pada tahun 2001 dan 2010 di tempat yang sama. Penelitian terakhir mengenai darah yang ada pada hujan ini menyatakan bahwa darah tersebut memiliki DNA didalamnya.

Semoga Bermanfaat.

Jangan lupa untuk :
ü  Meninggalkan komentar yang sopan.
ü  Memberikan pendapat/kritik/saran lewat e-mail fahrulff14@gmail.com.
ü  Membagikan artikel ini, dan
ü  Men-submit e-mail kalian.
:) :) :) :)

Content Source : www.kejadiananeh.com
                              Misteri, Fakta dan Fenomena (Facebook)



No comments: