Translate

Saturday, January 14, 2017

7 Buku Tertebal

Image Source : www.satujam.com
Buku adalah jendela ilmu setiap orang yang membacanya. Dengan buku, hal-hal yang belum kita ketahui sebelumnya dapat kita ketahui. Dengan buku kita telah mengubah dunia sejak ribuan tahun yang lalu. Buku merupakan sumber wawasan yang luas yang didalamnya terdapat ilmu-ilmu yang bisa diterapkan dalam kehidupan setiap orang. Dengan adanya buku ini, setiap orang dapat belajar dan menambah pengetahuannya.

Seperti halnya paragraf di atas, buku adalah sumber ilmu pengetahuan. Sebagai sumber ilmu pengetahuan yang utama, buku dapat memberikan sudut pandang yang baru terhadap suatu peristiwa atau keadaan yang terjadi. Dengan sudut pandang yang baru, kita bisa menilai bahwa suatu peristiwa tersebut benar atau pun hanya sebuah kebohongan. Kita dapat menganalisis hal tersebut sebagai upaya agar kita tidak mudah ditipu. Dengan kata lain buku adalah alat bagi kita untuk mempertimbangkan sebuah peristiwa.
Image Source : samaggi-phala.or.id
Di dunia terdapat banyak sekali buku yang bisa kita jadikan sebagai referensi ilmu. Dari buku yang biasa sampai buku yang tidak biasa. Setiap dari buku-buku tersebut adalah kumpulan ilmu yang perlu untuk kita ketahui dan pahami. Dengan berbagai macam buku tersebut pastinya ada beberapa buku yang dapat dikatakan sebagai buku yang unik karena tebalnya yang tidak umum. Berikut 7 Buku Tertebal versi my7top.

1.     Obama & Pluralisme by Damien Dematra
Buku pertama yang masuk dalam daftar sebagai buku tertebal di dunia adalah buku karya Damien Dematra yang berjudul “Obama & Pluralisme”. Buku karyanya ini memiliki tebal 34 cm dengan jumlah halaman sebanyak 5.247 halaman. Buku ini telah masuk dalam Guiness World Record dan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
Buku ini merupakan karya ke-7 dari Damien Dematra. Buku yang dibuat kurang dari satu tahun ini dicetak oleh 40 orang selama 5 hari 5 malam. Kalau buku ini digendong di backpack, gimana rasanya, ya?

2.     Wikipedia by Rob Matthews
Image Source : www.jurnalweb.com
Daftar yang kedua dalam list buku tertebal di dunia adalah buku karya Rob Matthews yang berjudul “Wikipedia”. Buku yang memiliki 5.000 halaman ini merupakan kompilasi dari 400 artikel Wikipedia yang dijadikan dalam satu buku. Buku yang memiliki tebal 1 kaki 7 inch ini (47,5 cm) merupakan buku yang sama dengan 952 volume Encyclopedia Britannica. Walaupun buku ini mencapai 5.000 halaman dan memiliki tebal 47,5 cm, isinya hanya mencakup 0,01 % dari keseluruhan artikel yang dimiliki oleh Wikipedia. Bisa dibayangkan jika seluruh artikel Wikipedia dijadikan buku, butuh berapa halaman itu buku?

3.     Miss Marple by Agatha Christie
Image Source : www.bukalapak.com
Selanjutnya ada buku karya dari Agatha Christie yang berjudul Miss Marple yang memiliki tebal 12,6 inch. Buku ini merupakan novel dengan 4.032 halaman yang bertemakan tentang kejahatan. Novel karya “The Queen of Crime” ini merupakan buku yang memiliki berat mencapai 8 kg. Bagi kalian yang suka novel, patut dicoba baca novel ini sambil tiduran, biar tambah greget.

4. Analisis Penerapan Metode Peramalan Census Method II Season Adjustment Causal Model, Arima Serta Kombinasinya Atas Penjualan & Perbandingan Antarmetode Peramalan Penjualan by Sri Hantoro
Image Source : www.mwsofficial.com
Selanjutnya ada skripsi (yang mahasiswa jangan sampai serangan jantung, ya) dari Unsoed, tepatnya dari Fakultas Ekonomi. Skripsi ini merupakan karya Sri Hantoro. Skripsi dengan judul yang panjang tersebut secara tidak langsung telah mewakili skripsinya yang memiliki 3.003 halaman ini sebagai skripsi yang sangat mendalam. Terbukti dengan skripsi ini setara dengan 8 jilid buku. Tidak mengherankan jika skripsi karya Sri Hantoro ini memiliki berat mencapai 17 kg.
Dengan fakta-fakta tersebut skripsi ini telah masuk dalam Rekor MURI versi HFJ(P-T). Skripsi yang disusun selama 2 tahun ini patut dicoba oleh kalian sebagai mahasiswa.


5. Bahasa Jawa Dialek Banyumas di Kabupaten Banyumas by Erwita Nurdiyanto
Image Source : twitter.com
Selanjutnya ada skripsi lagi (yang mahasiswa jangan pingsan, ya) yang dibuat oleh Erwita Nurdiyanto dengan judul “Bahasa Jawa Dialek Banyumas di Kabupaten Banyumas”. Skripsi yang memiliki tebal mencapai 1.150-an halaman ini merupakan skripsi yang dibuatnya sebagai salah satu syarat kelulusan dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Jendral Soedirman (FISIP Unsoed).
Skripsi ini dibuat dengan penuh kerja keras karena kertas yang salah dalam pembuatan skripsi ini mencapai tinggi 1 meter. Dengan perjuangannya tersebut Erwita Nurdiyanto mendapat nilai A dari skripsinya. Mahasiswa yang lagi buat skrispi silahkan meniru seperti mas Erwita ini J

6.     La Galigo, Napak Tilas Manusia Pertama di Kerajaan Bumi by Dul Abdul Rahman
Setelah dua daftar di atas merupakan skripsi, daftar selanjutnya ialah novel. Novel berjudul “La Galigo, Napak Tilas Manusia Pertama di Kerajaan Bumi” ini adalah karya dari Dul Abdul Rahman. Novel ini memiliki 12 jilid dengan banyak baris sekitar 300.000 baris. Lebih banyak dari Mahabarata (160.000-200.000 baris) dan sajak Homer. Novel yang bercerita tentang awal mula terbentuknya bumi ini cocok dibaca untuk kalian yang menyukai novel-novel yang bertema ‘berat’.

7.     Matahari Cinta Samudra Kata by Rida K. Lamsi
Daftar terakhir dari list buku tertebal ini adalah buku berjudul “Matahari Cinta Samudra Kata” yang disusun oleh Rida K. Lamsi. Buku ini merupakan buku antologi puisi dari 216 penyair dari seluruh Indonesia. Buku antologi puisi ini memiliki 2016 halaman (belum termasuk halaman i) dan diluncurkan ketika Malam Anugerah Hari Puisi Indonesia pada tanggal 12 Oktober 2016 yang bertempat di Taman Ismail Marzuki (TIM).

          Buku-buku di atas adalah daftar buku tertebal yang bisa saya dapatkan di Google. Mungkin dari kalian ada yang menemukan buku yang lebih tebal dari buku-buku di atas bisa langsung saja komentar di bawah postingan ini. Semoga bermanfaat.

Content Source : Google
                                                                                      

                                                                                       

No comments: