Translate

Saturday, May 20, 2017

Inilah 7 Manfaat Tidur di Awal Waktu

Image Source: www.alodokter.com
            Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar kita. Tidur adalah waktu bagi kita dan tubuh kita beristirahat setelah seharian bekerja. Adalah hal yang sangat wajar bagi kita untuk tidur karena dalam tidur itu banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh selain hanya untuk beristirahat. Dalam tidur pun kita bisa memimpikan tentang masa depan kita J
            Kembali ke materi, telah saya singgung sedikit di atas mengenai manfaat tidur. Memang sebenarnya apa saja mafaat tidur? Sebenarnya tidur merupakan suatu mekanisme dalam tubuh kita untuk beristirahat dan mengembalikan kekuatan. Kalian pasti merasakan adanya tenaga baru setelah tidur, bukan? Itulah salah satu manfaatnya.
Image Source: makassartoday.com
            Berbicara tentang tidur, sebenarnya ada waktu-waktu tertentu yang kurang baik untuk tidur dan sangat baik untuk tidur. Waktu yang kurang baik untuk tidur itu sekitar waktu setelah shubuh sampai dengan menjelang dhuhur (sekitar pukul 06.00 – 12.00), sedangkan waktu terbaik untuk tidur adalah saat malam hari sampai dengan pagi hari (sekitar pukul 21.00 – 04.00). Tapi apalah daya bagi kita yang sering begadang menyelesaikan tugas, skripsi, kerjaan kantor, dll, yang menyebabkan kita tidur pada waktu dini hari dan bangun pada siang hari. Tentunya hal itu tidak menyehatkan bagi tubuh.
            Daripada kita membahas tentang tidur yang tidak sehat, lebih baik kita membahas tentang tidur yang sehat saja, lebih bermanfaat pastinya. Banyak orang mengira bahwa masalah mengenai tidur adalah masalah yang sepele, sehingga banyak yang tidak memperdulikan. Tetapi pada nyatanya, tidur adalah hal yang sangat penting dan wajib bagi tiap orang untuk mengetahuinya, terutama tentang tidur yang baik dan sehat bagi tubuh.
Image Source: himydoc.com
            Salah satu hal yang menyebabkan tidur kita itu merupakan tidur yang sehat adalah waktunya. Tanpa kita sadari sering kali hal-hal yang dianggap tidak penting merupakan hal yang harus kita perhatikan. Kita tidak bisa memungkiri bahwa tidur yang terbaik adalah saat malam hari, tetapi kita sering melupakan kapan waktunya. Banyak orang lebih suka tidur pada pukul 11.00 malam atau bahkan lebih daripada itu. Namun, pada kenyataanya tidur terlalu malam adalah hal yang tidak menyehatkan. Ada waktu yang lebih baik dan menyehatkan bagi tubuh kita untuk tidur. Kapan itu?
            Banyak penelitian membuktikan bahwa tidur malam hari di awal waktu (pukul 20.00 – 21.00 malam) adalah waktu terbaik kita untuk tidur. Apa yang menyebabkan tidur di awal waktu adalah waktu terbaik untuk tidur? Sebenarnya ada beberapa hal yang mendorong tidur di awal waktu merupakan waktu tidur yang terbaik. Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh ketika kita tidur di awal waktu. Berikut my7top mengulasnya untuk kalian.
1.      Peremajaan
Image Source: www.riauonline.co.id
Tidur adalah waktu terbaik untuk peremajaan kulit. Setidaknya itulah yang dapat dibuktikan oleh penelitian terbaru. Memang tidak mengherankan jika kulit kita bisa terlihat lebih muda dan sehat karena membiasakan diri untuk mencukupkan tidur. Tetapi lebih dari itu, tidur cukup dan membiasakan diri untuk tidur di awal waktu adalah yang lebih baik.
Penelitian membuktikan bahwa ketika kita tidur sel-sel dalam tubuh akan beregenerasi lebih cepat daripada biasanya. Terutama sel-sel kulit yang akan beregenerasi secara lebih optimal. Tidur di awal waktu adalah salah satu pendorong bagi sel-sel kulit beregenerasi dengan lebih baik yang pada akhirnya akan membuat kulit akan lebih muda dan sehat. Disinilah peremajaan kulit akan berlangsung dengan cara paling optimal.
Tentunya untuk mendapatkan hasil kulit yang sehat dan awet muda tidak cukup hanya tidur saja. Tidur yang cukup yang dikombinasikan dengan makanan sehat dan olahraga merupakan cara terbaik untuk melakukannya. Tidak hanya sel-sel kulit yang akan terjaga kesehatannya, namun keseleruhan bagian tubuh juga akan lebih sehat.

2.      Memerbaiki Kualitas Otak
Image Source: www.jangansalah.info
Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa tidur adalah cara terbaik bagi otak kita untuk beristirahat. Setelah seharian bekerja dan menggunakan otak, tidur adalah saat yang terbaik bagi otak untuk berelaksasi. Otak akan kembali segar setelah kita terbangun dari tidur. Oleh karena itu, disamping sebagai cara berelaksasi bagi tubuh, tidur juga merupakan cara yang sehat bagi otak untuk berelaksasi.
Saat tidur inilah akan terjadi regenerasi sel-sel otak yang akan mendorong kinerja otak lebih baik lagi. Kualitas otak kita juga akan lebih baik dan tentunya lebih sehat ke depannya. Ketika tidur, otak juga akan memperlambat kerjanya yang pada akhirnya akan membuat otak akan lebih segar dan ringan saat bangun nanti.

3.      Meningkatkan Konsentrasi
Image Source: www.youthmanual.com
Banyak orang beranggapan bahwa tidur tidak baik untuk kinerja otak. Pernyataan tersebut tidaklah benar sepenuhnya karena pada faktanya tidur akan membuat kinerja otak akan lebih baik. Mungkin jika yang dimaksud adalah tidur yang tidak berkualitas, pernyataan tersebut benar. Tapi jika kita melakukan tidur yang berkualitas, kinerja otak kita akan jauh lebih baik lagi daripada sebelumnya.
Tidur yang berkualitas adalah tidur yang cukup sesuai dengan porsinya masing-masing dan lebih baiknya lagi dilakukan di awal waktu. Sebenarnya dengan tidur di awal waktu otak kita akan lebih bisa meningkatkan konsentrasinya dengan baik. Kemampuan memfokuskan otak kita pada suatu hal juga akan meningkat.
Tentunya konsentrasi adalah hal yang sangat penting bagi pelajar dan mahasiswa, maka sangat dianjurkan bagi kalian yang masih berstatus pelajar atau pun juga mahasiswa untuk menjaga tidurnya agar tetap cukup dan berkualitas.

4.      Bangun Tepat Waktu
Image Source: jambi.tribunnews.com
Bagi kalian yang sulit untuk bangun tidur tepat waktu, maka tidur di awal waktu adalah solusinya. Banyak orang yang sulit bangun tidur di pagi hari karena sebelumnya tidur terlalu malam, mungkin begadang dan sebagainya. Secara alamiah, manusia membutuhkan waktu tidur selama kurang lebih 8 jam tiap harinya. Dengan tidur awal waktu – sekitar pukul 8 atau 9 malam – tentunya otak akan merangsang tubuh untuk bangun sekitar pukul 4 atau 5 pagi.
Bagi kalian yang sulit untuk bangun pagi tentunya sangat patut untuk dicoba, bukan? Apalagi bagi kalian yang suara jam wekker pun tidak bisa membangunkan, tidur di awal waktu adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut. Kalian bisa membiasakan untuk tidur di awal waktu setidaknya 7 sampai dengan 10 hari secara beruntun. Ini akan membuat jam biologis otak kalian akan lebih sehat – terutama tidur.

5.      Lebih Produktif di Pagi Hari
Image Source: portaflix.com
Masih bersambung dengan poin sebelumnya, ketika kita bangun pagi sekitar pukul 4 atau 5 pagi tentunya kita memiliki waktu yang cukup longgar untuk melakukan berbagai hal. Bagi kalian yang sudah biasa bangun pagi tentunya sudah banyak kegiatan  mulai dari bangun tidur. Dengan waktu yang cukup longgar tersebut kalian mungkin bisa berolahraga, memasak, menonton TV atau lainnya sebelum memulai bekerja di kantor atau pergi ke kampus bagi mahasiswa.
Waktu yang luas tersebut tentunya merupakan keuntungan tersendiri bagi kalian yang bangun di pagi hari. Bangun di pagi hari ini pastinya akan mudah bagi kalian yang tidurnya di awal waktu, tetapi sebaliknya bagi yang tidurnya terlalu malam tentunya akan sangat berat untuk dilakukan. Disamping itu, bangun di pagi hari juga akan lebih sehat karena udara masih relatif bersih.

6.      Mencegah Stress
Image Source: www.theodysseyonline.com
Di zaman sekarang stress mungkin adalah hal yang biasa bagi banyak orang. Tetapi tentunya stress adalah hal yang tidak baik untuk kesehatan. Stress akan membuat tubuh akan terasa lebih cepat letih dan malas. Stress juga akan memberikan dampak negatif seperti rasa tertekan yang pada akhirnya dapat menyebabkan depresi. Kesehatan adalah hal yang paling terancam karena adanya rasa depresi ini.
Seperti yang telah kita tahu bahwa faktor umum yang menyebabkan timbulnya stress adalah banyaknya pekerjaan yang menumpuk. Apalagi banyak pekerjaan yang tertunda itu adalah pekerjaan yang tergolong berat dan telah mendekati batas waktu. Jika diteruskan tentunya akan membuat stress dan tubuh kita akan down yang pada akhirnya penyakit akan lebih mudah untuk menyerang.
Tidur adalah cara terbaik bagi kita untuk menekan dampak buruk dari stress. Tidur akan membuat tubuh kita akan lebih segar dan bugar, otak juga akan lebih ringan untuk memecahkan sebuah permasalahn. Jadi, tidur sangat dianjurkan bagi kalian yang sedang mengalami stress. Barulah ketika otak sudah segar, tubuh juga ringan, kita bisa menyelesaikan tugas yang tertunda. Tentunya dengan keadaan seperti itu pekerjaan akan terasa lebih mudah untuk diselesaikan dan hasilnya juga akan lebih baik daripada saat kita mengerjakannya dalam kedaan stress dan tertekan.

7.      Terhindar dari Penyakit
Image Source: www.merdeka.com
Penyakit akan sangat mudah menyerang kepada siapa pun yang keadaan tubuhnya sedang tidak fit. Bagi orang yang sedang stress tentunya ini akan sangat berbahaya, apalagi ditambah dengan keadaan cuaca yang tidak menentu. Kita telah mengetahui bahwa penyakit akan masuk ke dalam tubuh seseorang jika daya tahan tubuhnya sedang tidak bagus dan juga kelelahan. Yang pada intinya tubuh sedang mengalami kurang istirahat.
Tidur yang berkualitas akan mengembalikan daya tahan tubuh yang sedang drop dengan mudah, rasa lelah juga akan tergantikan dengan semangat baru untuk bekerja. Inilah alasan mengapa tidur sangat baik untuk mencegah kita dari serangan penyakit. Ketika daya tahan tubuh optimal dan ada rasa semangat dalam tubuh untuk bekerja, tentunya akan sangat sulit bagi penyakit untuk menyerang kita.

            Terima kasih sudah membaca. Semoga dapat bermanfaat. See you J J


Content Source: google.com

No comments: