Translate

Saturday, May 13, 2017

Kamu Suka Baca, Kunjungilah 7 Perpustakaan Terbesar Ini!

Image Source: www.ubhara-library.com
            Bagi kalian yang hobi membaca, pastilah tidak asing dengan buku-buku. Dari novel sampai dengan buku pelajaran, bahkan juga komik adalah gudang ilmu bagi kalian, bukan?
 Buku menjadi tempat utama untuk menggali ilmu. Memang tidak salah jika ada ungkapan “buku adalah jendela dunia”, karena kita bisa melihat dunia lebih luas lagi hanya dengan sebuah buku saja. Dan dengan sebuah buku itu tiap orang bisa menghadapi dunia ini dengan lebih baik lagi. Banyak orang sukses berawal dari buku, banyak orang menjadi bijak berawal dari buku, itulah bukti bahwa buku akan membuat pembacanya menjadi orang yang lebih baik lagi.
            Memang akan sangat sulit bagi mereka yang tidak punya dorongan untuk membaca agar suka membaca, tapi bagi kalian yang sudah membaca ini pastinya adalah orang yang hobi membaca. Tetapi bagi kalian yang belum bisa menumbuhkan dorongan dalam membaca, maka mulailah dari sekarang, jangan menunda-nunda sampai nanti.
Image Source: lifestyle.liputan6.com
Orang-orang sukses memiliki satu kesamaan, yaitu suka membaca. Tidak peduli bagi kalian ingin membaca buku apa, tetapi mulailah dan pertahankanlah kekonsistenan kalian dalam membaca. Membaca akan membuka wawasan kalian menjadi lebih luas, membaca akan mengubah pola pikir kalian menjadi lebih terarah, membaca akan membuat otak kalian terus berpikir dan berpikir, dan dalam proses berpikir itulah kalian akan terus tumbuh dan menemukan hal-hal baru yang bahkan kalian belum mengetahui sebelumnya. Jangan sungkan untuk mulai membaca, ya.
            Bagi yang sudah gemar membaca pastinya sudah banyak baca buku dan juga sering pergi ke perpustakaan, entah itu hanya sekedar membaca atau pun untuk meminjam buku.
Tentunya perpustakaan merupakan gudangnya buku, dari yang jumlahnya hanya ratusan sampai dengan yang ribuan buku. Di dalam perpustakaan itu pastilah bukan hanya satu tema buku saja, tetapi ada beragam buku yang bisa kita pilih. Dari novel, agama, politik, hukum, kebudayaan, sosial, ekonomi, dsb. Banyaknya buku itu tentunya membuat kita sebagai pembaca merasa senang karena disuguhkan bermacam-macam ilmu. Tetapi di sisi lain ada juga yang merasa bingung karena saking banyaknya buku yang ada di perpustakaan. Jadi untuk menghindari hal tersebut saya punya tips.
Sebelum kalian pergi ke perpustakaan tentukanlah terlebih dahulu buku apa yang akan kalian baca, karena sangat sering-terutama saya-pergi ke perpustakaan belum merencanakan buku apa yang akan dipilih dan ketika di perpustakaan saya malahan bingung, dan akhirnya saya hanya datang dan numpang ngadem di perpustakaan. Jangan ditiru, ya J
Image Source: www.kompasiana.com
            Masih berkaitan dengan perpustakaan, tentunya di dunia ini terdapat banyak sekali perpustakaan. Dari perpustaakan yang ada di desa sampai dengan perpustaakan nasional sebuah negara. Dengan jumlah koleksi di dalamnya yang sangat banyak-terutama perpustakaan nasional-sebanding lurus dengan jumlah ilmu yang ada di dalamnya. Koleksinya juga tidak hanya berupa buku saja, tetapi juga terdapat literatur, manuskrip, koran, lukisan, peta, hak cipta, dsb.
Tentunya kita sebagai orang yang suka membaca ingin pergi ke perpustakaan, bukan? Apalagi yang jumlah koleksinya bukan hanya ratusan atau ribuan item saja, tetapi mencapai jutaan item. Tentunya merupakan kebanggaan bagi kita bisa pergi ke perpustakaan tersebut. Dari banyaknya perpustakaan di dunia, kali ini My7top akan memberikan informasi kepada kalian mengenai 7 Perpustakaan Terbesar di Dunia, dengan ukurannya yaitu jumlah koleksi/item yang ada di dalamnya. Simak baik-baik, ya.
1.      British Library – London, UK (170 juta item)
Image Source: segalainfo.com
Yang pertama dalam daftar perpustakaan terbesar di dunia ialah Bristish Library yang terletak di kota London, United Kingdom. Merupakan perpustakaan terbesar di dunia saat ini karena jumlah koleksinya yang mencapai 170 juta item lebih. Perpustakaan ini adalah perpustakaan nasional yang dimiliki oleh Inggris.
Dengan jumlahnya yang sebanyak itu, terdapat banyak sekali buku dari berbagai macam cabang ilmu. Belum lagi dengan adanya tambahan sekitar 3 juta item baru tiap tahunnya yang masuk ke perpustakaan ini, pastinya menambah kaya ilmu yang ada di dalamnya.
Ada fakta menarik juga yang muncul mengenai jumlah bukunya ini, yaitu jika kalian bisa ingin membaca seluruh buku yang ada di perpustakaan ini, kalian akan membutuhkan waktu selama 80.000 tahun lamanya dengan syarat kalian membaca sebanyak 5 buku per harinya.

2.      Library of Congress – Washington DC, US (151,8 juta item)
Image Source: www.lensabuku.com
Selanjutnya ialah perpustakaan yang ada di Washington DC, Amerika Serikat. Perpustakaan ini bernama Library of Congress dan merupakan rumah dari 151,8 juta item buku, literatur, manuskrip, dsb. Jika kita lihat dari segi jumlah ruangan dan rak yang ada, perpustakaan ini adalah perpustakaan terbesar di dunia dan telah diakui oleh Guinness World Record. Tetapi jika kita ukur dari banyaknya jumlah item yang ada, Library of Congress masih kalah dibandingkan British Library.
Mungkin ada dari kalian yang telah menonton film National Treasure: Book of Secrets, maka kalian telah melihat sekilas perpustakaan ini.
Library of Congress adalah sebuah perpustakaan dengan bentuk struktur yang luar biasa menakjubkan, ditambah lagi dengan jumlah bukunya yang sangat banyak menambah kemegahan dari perpustakaan ini. Tidak mengherankan jika Library of Congress menjadi perpustakaan nasional Amerika Serikat. Perpustakaan ini adalah perpustakaan yang terbuka untuk umum, namun fasilitas peminjaman buku hanya diberikan kepada pejabat tinggi Amerika Serikat saja.

3.      New York Public LibraryNew York, US (53,1 juta item)
Image Source: www.mldspot.com
Dalam daftar nomor tiga ada sebuah perpustakaan yang berada di kota New York, Amerika Serikat. Perpustakaan ini ialah New York Public Library yang memiliki kurang lebih sebanyak 53,1 juta item yang dibagi ke dalam 87 cabang. New York Public Library terkenal akan strukturnya yang megah, lingkungan dan ukurannya juga tergolong besar dan luas.
Perpustakaan ini juga terbuka untuk umum, tetapi untuk beberapa cabang riset tertentu fasilitas peminjaman tidak diperbolehkan. Layaknya Library of Congress, New York Public Library juga pernah muncul dalam film, film yang saya maksud ialah The Day After Tomorrow dan Ghostbusters.
Yang unik dari perpustakaan ini ialah pengelolaannya, New York Public Libary adalah sebuah perpustakaan yang tidak dikelola oleh pemerintah, melainkan oleh pribadi sebagai oraganisasi non-profit, dana yang diperlukan dalam operasional perpustakaan diambil dari dana pribadi dan publik, walaupun begitu perpustakaan ini tidak kalah dari perpustakaan nasional yang ada di negara-negara lain.

4.      Russian State Library – Moscow, Russia (44,4 juta item)
Image Source: media.iyaa.com
Sekarang kita beralih ke negara Rusia. Di sini ada sebuah perpustakaan yang bernama Russian State Library. Perpustakaan ini adalah rumah bagi 44,4 juta item sumber ilmu yang sangat berharga, letak tepatnya berada di kota Moscow, Rusia.
Russian State Library memiliki arti yang sama dengan National Library of Russia, namun dua nama tersebut adalah nama dari dua perpustakaan yang berbeda yang ada di Rusia. Russian State Library adalah perpustakaan terbesar di Rusia dan menjadi perpustakaan nasional negara tersebut.
Menurut data yang saya peroleh, jumlah pengunjung perpustakaan ini berjumlah 1,17 juta orang tiap tahunnya dan 200 pendaftar baru tiap harinya.

5.      National Library of Russia – Saint Petersburg, Russia (36,5 juta item)
Image Source: students.sras.org
Masih di negara Rusia, perpustakaan terbesar kelima di dunia ada di kota Saint Petersburg, Rusia. Dengan jumlah item yang dimiliki mencapai 36,5 juta, tidak mengherankan perpustakaan ini menjadi perpustakaan terbesar kedua di Rusia.
Perpustakaan ini bernama National Library of Rusia yang dibangun pada tahun 1795, dan dengan itu menjadikannya sebagai perpustakaan tertua yang ada di Rusia.
Perpustakaan ini adalah perpustakaan yang terbuka untuk umum bagi setiap pengunjung yang ingin memanfaatkan koleksi yang ada. Para pengunjung bisa membaca banyak item berkualitas secara gratis tentang sejarah, warisan nasional, kebudayaan, riset dan lainnya, terutama yang berhubungan dengan Rusia. Maka perpustakaan ini adalah tempat yang sangat cocok bagi kalian yang ingin belajar lebih dalam mengenai negara Rusia.

6.      National Diet Library – Tokyo, Japan (35,6 juta item)
Image Source: www.hipwee.com
Perpustakaan yang menjadi perpustakaan terbesar nomor enam di dunia berada di benua Asia. Perpustakaan ini ialah National Diet Library yang berada di kota Tokyo, Jepang dengan total item koleksinya yang mencapai angka 35,6 juta. Dengan jumlah koleksinya yang sebanyak itu tidaklah mengherankan jika perpustakaan ini menjadi perpustakaan nasional dari negara Jepang.
Perpustakaan ini dibangun pada tahun 1948 dan memiliki dua cabang utama, yaitu di kota Tokyo dan Kyoto. Lebih dari itu perpustakaan ini memiliki 27 cabang lainnya yang tersebar di kota-kota yang berada di negara Jepang.
Di dalam perpustakaan ini terdapat dokumen-dokumen yang berkaitan dengan Perang Dunia II dan literatur-literatur kuno Jepang asli yang berasal dari perpustakaan kerajaan.
Awal dibangunnya National Diet Library bertujuan untuk riset terkait kebijakan-kebijakan umum, namun seiring berjalannya waktu perpustakaan ini terus bertambah jumlah koleksinya yang kini telah mencapai 35,6 juta item. Jumlah pengunjung yang datang sekitar 1 juta orang tiap tahunnya. Topik-topik yang ada di perpustakaan ini antara lain agama, politik, hukum, ada juga yang mengenai musik, pengetahuan, peta, dan banyak lagi lainnya.

7.      National Library of China – Beijing, China (31,2 juta item)
Image Source: travel.tribunnews.com
Masih di benua Asia, namun kita pindah ke negara Cina. Di sini ada sebuah perpustakaan bernama National Library of China yang berada tepatnya di kota Beijing, Cina. Dengan banyaknya koleksi yang mencapai jumlah tidak kurang dari 31,2 juta item, National Library of China menjadi salah satu perpustakaan terbesar yang dibangun di benua Asia.
Di dalam perpustakaan ini terdapat banyak sekali literatur-literatur Cina dari yang berupa teks biasa sampai dengan yang berupa teks kuno. Tetapi bukan itu saja, National Library of China juga menjadi perpustakaan dengan jumlah koleksi bahasa asing terbesar di dunia, dengan jumlahnya yang menyentuh angkan 115 bahasa asing.
Dengan banyaknya item yang disediakan, tentunya akan membuat senang para penghobi buku. Literatur-literatur kuno yang ada di dalam perpustakaan ini tidak hanya ditulis saja, melainkan ada juga yang diukir secara langsung ke tengkorak atau pun cangkang kura-kura.

Content Source: www.tahupedia.com


No comments: