Translate

Tuesday, January 17, 2017

7 Fakta Menarik Windows 95

Image Source : adityar8.blogspot.co.id
          Saat ini banyak orang yang memiliki PC maupun laptop di rumahnya. Minimal pasti pernah memakainya untuk browsing atau pun mengerjakan tugas, ya ‘kan. Apalagi di kantor-kantor, PC adalah barang yang wajib ada untuk mempermudah para pekerja kantor. Dari menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan mudah sampai dengan pekerjaan yang sulit, PC adalah alat bantu utamanya.

          Salah satu hal yang wajib ada pada sebuah PC atau pun laptop yaitu software. Dengan adanya software ini, PC dapat bekerja dengan baik. Software ini banyak sekali macamnya, tetapi software terpenting yang harus dan wajib terpasang pada PC adalah software Sistem Operasi/Operating System (OS). Dan software OS ini juga memiliki banyak sekali jenis. Pasti kalian pernah mendengar Microsoft Windows, Macintosh, Linux, dan Unix, itulah beberapa contoh OS.
Image Source : toastytech.com
Namun kali ini my7top tidak akan membahas secara mendalam semua OS di atas, tetapi hanya akan memfokuskan pada OS Microsoft Windows saja. Sampai saat ini Windows telah mengeluarkan beberapa versinya dari awal dekade 90-an, seperti Windows 95, Windows Vista, sampai dengan Windows 10.

Berbicara tentang Windows 95, versi Windows yang satu ini merupakan salah satu generasi Windows yang paling awal. Windows 95 lahir pada 24 Agustus 1995 dan berakhir masa support-nya pada tanggal 31 Desember 2004. Dan pada kesempatan kali ini, my7top akan membagikan 7 Fakta Menarik Windows 95.

1.                 Instalasi
Image Source : pixabay.com
Untuk menginstal versi Windows terbaru kita hanya membutuhkan CD-ROM dan masternya saja, tetapi tidak dengan menginstal Windows 95 ini.
Dalam menginstal Windows 95 kita membutuhkan sebanyak 13 Floppy Disk. Ini dikarenakan pada saat itu belum ada CD-ROM dan teknologinya masih tergolong jadul dibandingkan dengan saat ini. Dan juga kita akan membutuhkan lebih banyak Floppy Disk untuk mengupdate Windows 95, yaitu sebanyak 26 disket. Wow, ribet banget, ya.

2.                 Start Up Sound
Image Source : www.autoblog.com
Untuk membuat software yang baik kita memerlukan sound yang baik pula. Tidak terkecuali dengan Windows 95 ini.
Untuk memenuhi kebutuhan sound ini, pihak Microsoft bekerja sama dengan U2, David Bowie, dan Brian Eno. Dan yang ditunjuk oleh Microsoft sebagai pembuat sound start up Windows 95 ialah Brian Eno. Dan karya Brian Eno inilah yang didengar setiap hari oleh para pengguna Windows 95 di seluruh dunia.

3.                 Spesifikasi Minimum Windows 95
Image Source : winpoin.com
Dalam menjalankan berbagai software diperlukan spesifikasi minimum penginstalan. Entah itu software game, pengedit foto, atau pun anti-virus. Dalam penginstalan Windows 95 ini pun ada batas spesifikasi minimumnya.
Spesifikasi minimum untuk menjalankan Windows 95 sangatlah kecil. Kita hanya membutuhkan processor 386 DX, 4 MB RAM, dan 120 MB Hard Drive sebagai spesifikasi minimumnya. Spesifikasi tersebut bahkan lebih kecil dibandingkan spesifikasi smartphone low-end saat ini.

4.                 Browser Internet
Image Source : rizkydk07.wordpress.com
Walaupun pada saat Windows 95 diluncurkan internet sudah cukup merebak secara luas, tetapi pihak Microsoft belum menambahkan Internet Explorer pada Windows versi yang satu ini.
Beberapa alasan yang mungkin mendasari pihak Microsoft belum mencamtumkan Internet Explorer sebagai software bawaan Windows 95 adalah belum maksimalnya Internet Explorer itu sendiri. Internet pada masa itu juga belum secanggih seperti saat ini dan masih membutuhkan perbaikan di berbagai aspek.
Tetapi, setelah beberapa waktu kemudian Internet Explorer diluncurkan oleh Microsoft ke pasaran dalam add-on.

5.                 Iklan
Image Source : metroterkini.com
Untuk mempromosikan produknya tersebut, Microsoft sangatlah gencar untuk mengiklankan Windows 95. Microsoft mempromosikan Start Menu yang ada di Windows 95 menggunakan lagu Rolling Stones yang berjudul ‘Start Me Up’.
Untuk mendapatkan hak menggunakan lagu tersebut, pihak Microsoft menggelontorkan dana sebanyak tidak kurang dari 8 juta dollar (sekitar 1,4 triliun rupiah). Sehingga biaya promosi yang dikeluarkan oleh Microsoft saat itu membengkak mencapai 300 juta dollar (sekitar 39 triliun rupiah). Kalo buat beli kuaci, itu bisa dapat berapa biji, ya? Hehehe.
(Kurs Rp 13.000,00).

6.                 Merebaknya Windows 95
Image Source : wallpapersafari.com
Dengan gencarnya Microsoft mengiklankan dan mempromosikan Windows 95, tidak mengherankan jika saat itu Windows merajai pasar OS di seluruh dunia. Apalagi ditambah dengan pengeluaran biaya promosi sebesar 300 juta dollar, keuntungan yang diperoleh Microsoft pastinya berkali-kali lipat.
Hal ini dibuktikan dengan terjualnya Windows 95 sebanyak 40 juta unit diawal perilisannya di seluruh dunia. Meledaknya penjualan Windows ini didorong juga oleh pemasangan banner raksasa di CN Tower Toronto dan mengubah warna Empire State Building New York sesuai dengan warna yang melambangkan Microsoft.
Bisa dikatakan pada saat itu Microsoft dengan produknya yang bernama Windows 95 menguasai seluruh OS komputer di seluruh dunia.

7.                 Windows 95 Saat Ini
Image Source : www.almotakadime.com
Pada saat ini masa kejayaan Windows 95 telah usai, namun kejayaannya tersebut masih diwariskan oleh generasi-generasi setelahnya sampai dengan sekarang. Kita bisa merasakannya dalam bentuk Windows 8 atau pun Windows 10 pada saat ini.
Tetapi jangan khawatir karena pada saat sekarang pun bagi yang ingin bernostalgia dengan Windows 95 masih bisa menggunakannya melalui browser. Dalam menggunakan Windows 95 saat ini kita tidak perlu puluhan disket dalam pemasangannya, tetapi kita hanya perlu menggunakan emulator browser. Walaupun experience-nya tidak seasli Windows 95 yang dulu, tetapi bagi yang ingin bernostalgia patutlah untuk dicoba, ya ‘kan.

          Itulah beberapa fakta menarik dari Windows 95. Walaupun masa kejayaanya telah usai lebih dari sedekade lalu, kita perlu untuk berterima kasih kepada Windows 95 yang telah menemani perjalanan hidup sebagian dari kita. Karena tanpanya tugas dan pekerjaan kita pastilah lebih sulit untuk diselesaikan.
          Semoga dengan info ini bisa bermanfaat bagi kalian semua. Yang ingin menambahkan bisa berkomentar di bawah, ya.


Content Source : WinPoin

No comments: