Translate

Thursday, January 5, 2017

7 Fakta Air yang Belum Banyak Diketahui Orang

Image Source : www.digaleri.com
Air adalah salah satu unsur paling penting yang ada di bumi. Dengan air setiap makhluk hidup di bumi-termasuk manusia-bisa hidup dengan semestinya. Air menjadi sangat penting dan menjadi kebutuhan pokok setiap makhluk hidup karena fungsinya yang tidak bisa digantikan oleh benda lainnya.

Untuk kita sebagai manusia, air adalah hal yang paling penting untuk menunjang berlangsungnya kehidupan. Tanpa adanya air manusia bisa dipastikan tidak bisa hidup secara normal. Hal ini disebabkan karena ketika kita kekurangan air maka dampaknya akan lebih berbahaya dibandingkan ketika kita kekurangan makanan.
Image Source : www.digaleri.com
Dari penjelasan singkat di atas tentang pentingnya air untuk kehidupan makhluk di bumi-terutama untuk kita sebagai manusia-apakah kita sudah mengetahui fakta-fakta tentang air? Kita sebagai manusia seharusnya lebih memahami tentang fakta-fakta air karena air merupakan benda yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita.

Daripada terlalu lama, berikut adalah 7 Fakta Air yang Belum Banyak Diketahui Orang.

1.     Bentuk Substansi Air
Saat SD kita telah mengetahui tiga (3) bentuk substansi unsur yang ada di bumi, yaitu cair, padat, dan gas. Istimewanya air yaitu unsur ini merupakan satu-satunya unsur yang ada di bumi yang berbentuk ketiga substansi tersebut.
Dalam bentuk cair kita bisa melihatnya di sungai, danau, dan laut. Bahkan dalam kehidupan sehari-hari pun kita meminum air dalam bentuk cair tersebut.
Image Source : www.mongabay.co.id
Dalam bentuk padat kita menyebutnya es (air yang membeku). Sering kita melihatnya sudah dalam bentuk es teh J. Namun, jumlah es yang paling banyak adalah di kutub utara dan kutub selatan.
Sedangkan dalam bentuk gas, air terakumulasi secara baik dalam udara yang kita hirup setiap waktunya. Tanpa adanya air dalam udara, tubuh kita akan “mengering”.

2.     Ketersediaan Air
Kita telah mengetahui bahwa jumlah air bersih di bumi semakin hari semakin berkurang karena ulah manusia. Tetapi apakah kita tahu jumlah ketersediaan air yang ada di bumi?
Image Source : www.tripadvisor.co.uk
Menurut fakta yang ada, jumlah air yang ada di bumi sebagian besar merupakan air asin yang ada di laut, yaitu sebesar 97%. Sedangkan air yang membeku yang ada di kutub utara dan kutub selatan hanya sebesar 2%. Dan hanya sebanyak 1% saja yang merupakan air tawar yang ada dan digunakan sebagai penunjang kehidupan manusia.

3.     Penggunaan Air
Menyambung fakta nomor 2 di atas, dari jumlah 1% tersebut masih dibagi lagi untuk berbagai keperluan manusia lainnya. Sebanyak 70% air tawar yang ada digunakan dalam bidang pertanian dan sebanyak 22% lainnya digunakan untuk bidang industri. Sisanya yang hanya sebesar 8% digunakan sebagai penunjang kebutuhan domestik manusia (seperti minum, mandi, mencuci, dan sebagainya). Hal ini dapat disimpulkan bahwa hanya sebagian kecil saja dari air tawar yang ada yang digunakan oleh manusia.

4.     Racun dari Air
Tidak selamanya air itu baik untuk tubuh manusia. Hal ini karena air juga dapat menjadi sebab kematian dalam bentuk racun. Bagaimana ini bisa terjadi?
Air bisa menjadi racun ketika kita minum terlalu cepat dan berlebihan. Hal ini sering disebut dengan Hiponatremia (intoksikasi air). Keracunan air ini dapat terjadi karena air yang kita konsumsi tersebut akan mencairkan natrium yang ada pada aliran darah dan juga akan menyebabkan ketidakseimbangan jumlah air pada otak.

5.     Waktu dan Tempat Adanya Air
Mungkin kita hanya tahu bahwa air hanya ada di laut dan di sungai saja. Tetapi faktanya air bisa ditemukan di mana saja. Fakta menarik tentang hal ini adalah bahwa 1 molekul air akan terdiam selama 98 tahun di laut, dan akan menjadi bekuan es selama 20 bulan serta hanya selama 2 minggu di atmosfer. Jumlah keseluruhan waktu yang diperlukan oleh 1 molekul air sekitar 100 tahun untuk melewati fase-fase terebut.

6.     Penguapan Air
Image Source : ilmualam.net
Fakta selanjutnya tentang air yaitu penguapannya. Setiap harinya ada sejumlah 1 triliun ton air yang diuapkan matahari, sejumlah 265 liter/70 galon air diuapkan oleh tiap pohon, dan sebanyak 1500 liter atau setara dengan 4000 galon air diuapkan oleh 1 acre/0,4 hektar tanaman jagung. Banyak banget kan, maka hematlah air sejak sekarang J.

7.     Bentuk Molekul Air
Image Source : supportmlm.niadesain.biz
Hal yang lebih mengejutkan lagi dari air yaitu bentuk molekulnya. Molekul air bisa berubah-ubah menyesuaikan dengan keadaan yang ada disekitarnya. Molekul air bisa berubah menjadi indah ketika kita menyebutkan kata-kata yang baik (terima kasih, ucapan syukur, dsb), sebaliknya ketika kita menyebutkan kata-kata yang buruk (menghina, merendahkan, dsb) maka bentuk molekulnya akan jelek. Dan reaksi seperti ini bisa dideteksi dalam berbagai bahasa di dunia.

Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan kalian semua. Terima kasih J


Content Source : Google

No comments: