Translate

Saturday, March 25, 2017

7 Manfaat Hujan Bagi Kesehatan




Content Source : www.gambarzoom.com

            Akhir-akhir ini hujan sering kali datang di negara kita-Indonesia. Beberapa daerah diantaranya bahkan mengalami hujan sampai berjam-jam setiap harinya. Bagi daerah yang sistem drainasenya baik mungkin tidak ada masalah, tetapi akan berbeda ceritanya jika hujan tersebut terjadi di daerah yang sistem drainasenya tidak baik. Sudah dapat dipastikan banjir akan datang, apalagi ditambah dengan keadaan lingkungan yang rusak.

            Sebagai contoh kota yang sering kedatangan ‘tamu’-banjir-ini ialah DKI Jakarta. Tidak dapat dipungkiri walaupun Jakarta merupakan ibukota negara Indonesia, tetapi masih sering terjadi bencana yang satu ini-bahkan setiap tahun. Disamping masalah drainase yang pastinya belum kelar-kelar, lingkungan rusak dan perilaku masyarakatnya yang suka buang sampah di sungai, banjir di Jakarta juga disebabkan karena curah hujan yang cukup tinggi.

Content Source : wooferstorm.com
            Walaupun seperti itu, kita tidak bisa serta-merta menyalahkan hujan karena adanya banjir. Yang lebih baik bagi kita adalah instropeksi diri masing-masing. Di sisi lain, hujan tidak hanya membawa petaka-banjir-bagi orang-orang, karena pada hakekatnya hujan merupakan rahmat dari Tuhan. Tentu kita semua telah tahu dampaknya jika tidak ada hujan-kekeringan, kebakaran hutan, kekurangan air, dsb.

            Rahmat Tuhan inilah yang patut kita syukuri sebagai rezeki dari-Nya. Di sisi lain, hujan juga salah satu waktu yang dianjurkan bagi kita untuk berdo’a kepada Tuhan karena pada saat inilah hati dan pikiran kita akan terasa lebih adem dan rileks-religi mode: ON. Tetapi apapun bentuknya itu hujan tetaplah rahmat yang wajib kita syukuri bersama.

            Dalam beberapa penelitian, hujan juga memiliki manfaat yang positif bagi kesehatan tubuh kita. Salah satunya yaitu membuat pikiran lebih rileks-seperti penjelasan singkat di atas. Tetapi apakah manfaat hujan hanya satu itu saja? Daripada penasaran, mari kita simak bersama artikel berikut ini. Cekidot, gan.

1.  Menguatkan Tulang

Content Source : feed.merdeka.com
Dari beberapa penelitian yang dilakukan, hujan terbukti dapat menguatkan tulang. Hujan baik bagi tulang karena air hujan mengandung ion negatif layaknya air yang mengalir. Ion negatif ini memiliki beberapa manfaat seperti menetralkan keasaman tubuh, menghancurkan radikal bebas penyebab tulang rapuh dan mencegah terjadinya penuaan diri (anti-aging).

Air hujan yang bersuhu dingin juga dapat menetralkan suhu tubuh dan melancarkan sistem peredaran darah.

2.  Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat selanjutnya dari air hujan adalah untuk kesehatan kulit. Hal ini disebabkan karena air hujan merupakan air paling murni setelah melalui tahapan terjadinya hujan.

Air hujan juga bermanfaat untuk menyegarkan, melembabkan dan membersihkan kulit. Oleh karena itu, hujan-hujanan baik bagi kesehatan dan kecantikan kulit J

3.  Mengurangi Stress

Content Source : www.tasik-puteri.com
Bagi kalian yang sedang stress, cobalah untuk bermain hujan. Air hujan diketahui dapat mengurangi stress karena memiliki efek merilekskan tubuh dan menenangkan pikiran.

Ini karena air hujan yang mengenai dari atas kepala hingga membasahi seluruh tubuh secara alami akan membuat pikiran semakin nyaman dan rileks, yang pastinya akan menjadikan tubuh segar dan mengurangi stress.

4.  Menghilangkan Toksin/Racun dari Tubuh
Content Source : www.frewaremini.com
Manfaat hujan nomor empat adalah menghilangkan racun dari tubuh. Hujan juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang, lo. Dari sebelumnya yang sering sakit, setelah hujan-hujanan tubuh pastinya akan beradaptasi dan akan membuatnya lebih sulit untuk sakit.

Sebagai bukti nyatanya adalah saya sendiri-hehe. Sebelumnya saya sering sakit bahkan hanya karena terkena sedikit air hujan. Tetapi setelah saya paksakan untuk berkendara melewati hujan, sampai sekarang saya lebih jarang jatuh sakit. Munghin bisa dicontoh oleh kalian pengalaman saya ini J

5.  Terapi Pengobatan

Content Source : www.youtube.com
Diketahui juga bahwa hujan memiliki efek terapis pengobatan bagi tubuh manusia. Hal ini karena air hujan mengandung senyawa H2O2 (Hidrogen Peroksida) yang bersifat holistic healing/terapi pengobatan-tentunya dalam batas aman bagi tubuh.

Mirisnya, Indonesia sebagai salah satu negara dengan curah hujan tertinggi di dunia belum bisa mengoptimalkan manfaat hujan yang satu ini. Produk H2O2 yang ada di Indonesia sebagian besar masih diimpor dari negara lain. Semoga di masa mendatang Indonesia bisa memanfaatkan hujan sebagai sumber H2O2, ya guys. Aamiin.

6.  Menghilangkan Bau Amis

Content Source : www.nuansapagi.com
Kalian pasti pernah makan ikan atau pun seafood menggunakan tangan. Masalah yang pasti timbul setelahnya ialah bau amis yang sulit hilang. Jika kebetulan sedang hujan, kalian bisa menggunakan air hujan sebagai alternatif praktis cuci tangan. Bahkan setelah kalian menggunakan sabun, cobalah menggunakan air hujan sebagai air bilasan.

7.  Menyehatkan Rambut

Content Source : bisikan.com
Manfaat hujan yang terakhir bagi kesehatan-dalam artikel ini-ialah berguna untuk menyehatkan rambut. Seperti yang dikutip dari Water Rhapsody bahwa pada zaman dahulu orang-orang barat percaya bahwa hujan dapat menyehatkan rambut dan membuatnya bersinar. Hal ini terbukti melaui sains, lo.

            Itulah 7 Manfaat Hujan Bagi Kesehatan yang bisa saya sampaikan kali ini. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu menambah pengetahuan kalian semua, ya. Dan satu hal lagi, jangan menyalahkan hujan jika di daerah kalian terjadi banjir, sebab hujan adalah salah satu rahmat Tuhan untuk manusia yang wajib kita syukuri, bukannya kita maki-maki :) :) :)

        Jika ada kritik, saran atau pun pendapat bisa kirimkan langsung ke e-mail fahrulff14@gmail.com. Dan sebagai pengingat saja, pengunjung yang baik adalah pengunjung yang meninggalkan jejaknya di kolom komentar dan membagikan artikel ini kepada orang lain :) :) :)

Catatan :
* Hujan yang dimaksud dalam artikel ini adalah hujan yang terjadi di daerah yang belum tercemar udaranya.
* Hindarilah hujan yang terjadi diawal-awal musim penghujan karena hujan tersebut berguna untuk membersihkan atmosfer dari polusi.

Content Source : vemale.com
                              gudanginfo.net

No comments: