Translate

Saturday, February 11, 2017

7 Cara Meningkatkan Kinerja Otak

Image Source : www.sehatmagz.com
            Otak adalah salah satu bagian terpenting yang dimiliki manusia. Di dalam otak inilah seluruh informasi yang didapat seseorang akan dikelola dan selanjutnya akan dikeluarkan dalam bentuk perbuatan, pola pikir serta ucapan. Otak juga merupakan bagian yang paling bertanggung jawab atas cara menilai seseorang terhadap sebuah hal. Kemampuan mengambil keputusan serta mempertimbangkan pengaruh baik buruknya suatu tindakan juga merupakan tanggung jawab dari otak.

            Dengan perannya yang sangat vital tersebut, otak sering kali digunakan secara berlebihan atau pun bahkan sebaliknya-jarang digunakan-tergantung setiap orang. Kedua hal tersebut dapat mengurangi kualitas kinerja otak. Bertambahnya usia seseorang juga memberikan dampak penurunan kualitas otak. Kinerja otak akan semakin menurun ketika usia terus bertambah tanpa diringi dengan upaya yang baik dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas dan kinerja otak.
Image Source : iyakan.com
            Tetapi, apakah ada cara efektif untuk kita meningkatkan kemampuan kinerja otak? Menurut penelitian terakhir, jawaban untuk pertanyaan tersebut adalah YA. Berikut my7top bagikan kepada kalian semua 7 Cara Meningkatkan Kinerja Otak.

1.      Dress to Impress
Image Source : www.vebma.com
Terdengar sepele namun berdampak cukup signifikan pada otak. Ya, memilih pakaian. Memilih pakaian yang akan dikenakan sehari-hari memberikan sedikit banyak pengaruh terhadap kinerja otak. Pakaian yang digunakan dapat mencerminkan cara berfikir seseorang dalam menyikapi sebuah hal.

Hal ini juga didukung oleh banyak penelitian yang dilakukan oleh para psikolog. Penelitian tersebut menyimpulkan bahwa mengenakan pakaian yang lebih formal daripada biasanya akan mendorong seseorang untuk berfikir secara lebih konseptual.

Kita bisa mengambil contoh, yaitu Steve Jobs. Dengan gaya pakaiannya-turtlenecks-tersebut mencerminkan bahwa ia adalah seseorang yang berfikiran luas dan tidak terlalu memikirkan pada hal-hal kecil yang kurang penting.

2.      Walk Two Miles a Day
Image Source : www.obcbet.com
Berjalan-jalan tidak hanya menyehatkan tubuh, tetapi juga berperan dalam meningkatkan kinerja otak seseorang. Ketika kita berjalan-jalan, tubuh dan otak kita akan lebih segar dan sehat dari sebelumnya. Inilah yang akan memberikan manfaat positif terhadap kemampuan dan kinerja otak.

Saat berjalan-jalan tentunya kita akan melihat alam yang lebih asri daripada saat kita melihatnya hanya dari dalam gedung maupun sebuah ruangan. Ketika kita turun langsung dan mengeksplor alam yang luas, otak kita akan dalam keadaan neuroplastic. Singkatnya, neuroplastic adalah keadaan ketika otak akan lebih mudah menyerap informasi dan akan mendorong terjadinya perkembangan otak yang lebih baik. Hal ini bisa dikatakan sebagai ‘pupuk’ untuk pertumbuhan otak.

Lebih baiknya lagi jika kita melakukannya secara reguler dan berkelanjutan, maka akan bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya demensia sebanyak 60%. Jadi, biasakanlah untuk selalu berjalan dan berolahraga setiap harinya, ya.

3.      Stop Googling Everything
Image Source : slazhpardede.net
Pada saat ini, internet telah masuk dalam setiap sendi kehidupan manusia. Dari bidang ekonomi, komunikasi dan informasi, semuanya telah terintegrasi dan terkoneksi dengan adanya internet. Tetapi, apakah dengan adanya internet ini telah secara sempurna membuat orang dimudahkan? Tentu jawabannya adalah ya. Tetapi, disamping itu juga internet telah mengubah sebagian besar pola pikir manusia menjadi berfikiran instan. Dan hal ini tergantung juga pada setiap orang yang menggunakan internet, hasilnya bisa lebih baik maupun lebih buruk dari sebelumnya.

Semakin mudah sebuah informasi didapat, semakin sulit juga informasi tersebut untuk masuk dalam pikiran jika kemampuan otak dalam mengelola informasi-informasi tersebut tidak diasah dengan baik. Daripada kita terlalu sering menerima informasi tanpa mengelolanya terlebih dahulu, lebih baik bagi kita untuk menemukan sebuah hal yang baru dan kembangkanlah hal tersebut agar lebih bermanfaat. Menantang diri sendiri untuk melakukan hal yang baru akan mendorong kinerja otak menjadi lebih baik.

Dalam mencari informasi, kita juga bisa menggunakan buku-buku sebagai referensi awal atau pun bertanya kepada orang yang lebih mengetahui. Hal ini akan meningkatkan daya ingat dan kapasitas dalam belajar daripada hanya mencarinya di internet.

4.      Learn a Language
Image Source : www.kompasiana.com
Mempelajari sebuah bahasa mungkin terasa sangat membosankan bagi sebagian orang. Hal ini tidak bisa dipungkiri karena dalam proses pembelajaran tersebut kita harus paham akan arti kata-katanya, tata cara penulisannya, hingga praktik bicara secara langsung dengan bahasa yang belum kita ketahui sebelumnya. Tetapi, disisi lain mempelajari sebuah bahasa memiliki manfaat yang sangat positif untuk meningkatkan kemampuan otak seseorang.

Pernyataan di atas dikuatkan oleh penelitian yang dilakukan di Swedia. Penelitian tersebut menyatakan bahwa mempelajari bahasa-bahasa setelah masa kanak-kanak akan membuat otak terutama di bagian hippocampus dan cerebral cortex-bagian yang bertanggung jawab terhadap pikiran, ingatan dan tingkah laku-akan terus tumbuh dan berkembang.

Hal ini disebabkan karena ketika kita belajar tentang sebuah bahasa baru otak kita akan dipacu untuk berfikir secara ‘baru’, sehingga akan bermanfaat untuk menjaga otak agar tetap dalam kondisi yang baik dan sehat.

5.      Eat Olives and Nuts
Image Source : sharingdisini.com
Makan makanan yang sehat juga sangat berpengaruh pada kinerja dan kemampuan otak seseorang. Ketika seseorang lebih sering makan makanan yang tidak sehat, maka akan berdampak langsung pada kemampuan otaknya. Hal ini bisa berupa penurunan kemampuan dalam berfikir, mengingat atau pun dalam mengambil keputusan. Untuk mencegah hal tersebut tidak terjadi, kita sangat perlu untuk menjalankan pola hidup sehat. Dan salah satunya adalah dengan menjaga asupan makanan.

Seperti halnya orang-orang yang tinggal di Mediterania yang sering diasosiasikan dengan kualitas hidup yang baik. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya penelitian yang dilakukan pada tahun 2015 lalu. Menurut penelitian tersebut, makan makanan yang berupa kacang-kacangan dan minyak zaitun dapat memerbaiki kemampuan otak yang terus menurun karena bertambahnya usia. Kedua makanan tersebut sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur setiap hari karena memiliki kandungan vitamin E yang tinggi.

6.      Practice Yoga
Image Source : bahasa.aquila-style.com
Kegiatan merenung dan membawa diri kepada ketenangan juga merupakan salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kinerja otak. Dan hal yang mendekati kegiatan tersebut adalah yoga. Dengan melakukan yoga tubuh dan pikiran kita akan terasa lebih damai dan rileks, sehingga sangat dianjurkan bagi orang-orang yang memiliki rutinitas harian yang padat dan sibuk.

Bagi umat Islam, kegiatan harian yang sangat mendekati kepada ketenangan dan kedamaian ialah shalat. Melakukan shalat dengan khusyuk akan sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama bagi kesehatan otak. Shalat lima waktu adalah hal yang paling cocok bagi kita untuk menjaga tubuh dan otak tetap dalam keadaan sehat.

Kaitannya dengan meningkatkan kinerja otak, yoga/shalat sangatlah bemanfaat dalam meningkatkan kualitas ingatan seseorang. Ingatan yang dimiliki akan lebih jelas dan bertahan lama, sehingga kepikunan karena bertambahnya usia dapat dicegah sedini mungkin.

Pada tahun 2014, penelitian juga menyebutkan bahwa jika yoga dikombinasikan dengan terapi secara baik dan maksimal akan mengurangi potensi hilangnya ingatan pada pasien pengidap Alzheimer.

7.      Good Sleep Hygiene
Image Source : health.liputan6.com
Tidur adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Dengan tidur, tubuh akan terasa lebih ringan dan segar saat bangun. Tidur juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh dan otak agar tetap dalam kondisi terbaiknya. Jadi, bagaimanakah tidur yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan otak?

Tidur sehat adalah tidur tanpa adanya gangguan, dalam artian ketika tidur tubuh haruslah dalam kondisi tenang tanpa gangguan. Namun, sekarang ini sudah banyak gadget yang dapat mengurangi kualitas tidur kita karena sering kali mengganggu. Contohnya ketika ada pesan atau pun telepon pada tengah malam, tentunya hal tersebut akan sangat mengganggu tidur kita. Lebih jauh lagi, hal ini dapat mengganggu otak kita dalam beristirahat.

Ketika kita tidur, sel-sel otak membuang racun untuk memperlancar dan meningkatkan kinerja otak. Dan disaat yang bersamaan pula, otak membangun jembatan antarneuron untuk meningkatkan kualitas neuroplasticnya. Hal inilah yang menjadi alasan pentingnya tidur tanpa adanya gangguan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa tidur yang berkualitas adalah tidur tanpa adanya gangguan dari gadget secara berlebihan.

BONUS!
8.      Stop Multitasking
Image Source : id.techinasia.com
Mungkin sebagian dari kita akan senang dan bangga ketika mendapat banyak pekerjaan pada waktu bersamaan. Kita pastinya akan menganggap diri kita adalah orang yang penting, sehingga pekerjaan-pekerjaan tersebut menjadi tujuan utama dan kebanggaan. Namun, apakah banyaknya pekerjaan yang kita dapatkan baik terhadap kondisi otak?

Faktanya, terlalu banyak pekerjaan yang ditangani dalam satu waktu tidaklah baik untuk otak. Karena ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan pada saat yang bersamaan, maka fokus otak akan terpecah-pecah pada setiap pekerjaan. Hal inilah yang menyebabkan otak akan sulit untuk fokus pada satu pekerjaan tertentu, sehingga terlalu banyak pekerjaan membuat hasil pekerjaan akan buruk dan mengecewakan. Dampak negatif terlalu banyak pekerjaan bagi otak ialah mengganggu kinerjanya.

Dengan kata lain, membagi-bagi fokus adalah tidak bisa fokus. Jadi, saran yang paling tepat adalah lakukanlah sedikit pekerjaan yang dibarengi dengan fokus, sehingga hasilnya akan baik dan maksimal. Jadilah orang yang fokus, karena dengan fokus otak akan selalu dalam keadaan yang sehat dan optimal.

      Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga serta meningkatkan kemampuan kinerja otak. Dengan otak yang selalu dalam kondisi terbaiknya, maka akan mempermudah banyak hal dalam kehidupan sehari-hari kita.

      Dari 7 (eh, 8) cara di atas pastinya masih banyak cara lainnya yang belum sempat tertulis. Jika kalian ada yang mau menambahkan bisa langsung ditambahkan di kolom komentar yang tersedia. Oh ya, dan jika dari kalian juga ingin artikel tertentu dibahas dalam blog ini, bisa langsung saja kirim permintaan ke e-mail fahrulff14@gmail.com. Insyaallah, secepatnya saya akan postingkan, demi kalian semua I will do the best lah.

      Sebelumnya, terima kasih kepada kalian semua yang telah meluangkan waktunya untuk membaca postingan saya kali ini. Semoga bisa bermanfaat.

Content Source : Easy English (LINE)


No comments: